Pages

topbella

Selasa, 27 November 2012

Mencegah Makan Berlebih

Bagi para pecinta kuliner, pasti Anda menikmati saat-saat menyantap makanan, terutama beberapa menu yang belum pernah dicoba sebelumnya. Namun terkadang Anda mengalami hilang kesadaran saat mengonsumsi makanan.

Hilang kesadaran yang dimaksudkan adalah saat ketika secara tidak sadar bahwa Anda telah memasukkan banyak kalori ke dalam tubuh. Misalnya saja saat sedang asyik menikmati sebuah film, biasanya seseorang tidak akan sadar bahwa dirinya terus mengunyah makanan hingga film tersebut habis.

Yang bisa membuat cemas adalah, makan berlebih tersebut tidak hanya terjadi pada saat kondisi ‘tidak sadar’ saja, melainkan juga terjadi ketika Anda terlalu fokus pada hidangan yang akan dikonsumsi. Jika dibiarkan terus maka berat badan, lingkar tubuh, dan berat badan Anda akan berada dalam bahaya.
Jika Anda sering mengalami hal serupa, hasil penelitian dari para ilmuwan di Belanda bisa menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Hasil penelitian mereka yang dilansir oleh GeniusBeauty dan dipublikasikan dalam Flavour Journal ini menunjukkan bahwa aroma makanan dan tekstur makanan akan menjadi faktor penentu sebanyak apa seseorang akan memakannya.

Banyak kunyahan
Ternyata trik ini sudah diketahui oleh banyak orang. Biasanya, mereka yang sedang dalam tahap menurunkan berat badan akan memilih makanan dengan tekstur yang lebih sulit untuk dikunyah, misalnya makanan yang banyak mengandung serat seperti gandum, sayur, dan buah.
Dalam penelitian ini juga membuktikan bahwa semakin lama waktu yang digunakan seseorang untuk mengunyah makanan, maka orang tersebut cenderung makan lebih sedikit dan lebih mudah untuk mengontrol banyaknya makanan yang dikonsumsi. Keuntungan lainnya adalah, mengunyah makanan dengan tekstur yang sedikit lebih sulit akan membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama.

Jadikan makanan Anda beraroma
Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa aroma makanan dapat membuat nafsu makan seseorang semakin meningkat. Namun di dalam penelitian ini hasil yang ditunjukkan adalah aroma makanan justru dapat mengontrol nafsu makan seseorang.
Para peneliti dari Belanda ini melakukan percobaan pada sekelompok relawan yang diberikan makanan penutup yang sama, namun dengan ketajaman aroma yang berbeda. Para relawan yang menikmati makanan penutup yang lebih wangi, ternyata makan lebih sedikit.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa memberi aroma lebih tajam pada makanan bisa mengurangi konsumsi hingga 5-10 persen. Trik ini akan berhasil karena dengan mengonsumsi makanan yang kurang memiliki aroma, hal itu akan membuat seseorang merasa belum cukup, dan kemungkinan besar akan menambah jumlah makanan yang dikonsumsinya.
Cara ampuh yang mudah tersebut dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan dan mencegah makan secara berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
serbabie© DiseƱado por: Compartidisimo