Pages

topbella

Senin, 14 Mei 2012

makanan baik untuk mata

Makanan Untuk Kesehatan Mata


           Penurunan fungsi penglihatan pada mata memang sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Makanan yang kita konsumsi ternyata juga berperan aktif bagi kesehatan mata kita secara alami.
           Seiring dengan meningkatnya perhatian dan pengetahuan pengaruh gizi terhadap kesehatan, khususnya kesehatan mata menyebabkan pesatnya pertumbuhan pasar terhadap produk-produk kesehatan mata. Sebagian besar produk-produk untuk kesehatan mata yang dipasarkan sekarang berbentuk suplemen.
Vitamin A, C, dan E diyakini dapat membantu memulihkan kesehatan mata. Berikut beberapa senyawa lain yang membantu kesehatan mata:
  1. Senyawa lutein. Lutein suatu kelompok senyawa karotenoid berwarna kuning yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau. Lutein terdapat di macula dan dipercaya dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV).
  2. Senyawa zeaxanthin.zeaxanthin menunjukkan aktivitas 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin E dalam melindungi sel lensa dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. 
  3. Senyawa astaxanthin. kemampuan antioksidan dan anti-inflamasi senyawa astaxanthin dapat memberikan efek perlindungan mata dari sinar UV.
Makanan Untuk Kesehatan Mata
          Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata:

  • Wortel
Mungkin makanan yang paling terkenal untuk kesehatan mata adalah wortel karena melawan penyakit dengan vitamin A. Vitamin A membantu mencegah rabun ayam dan sangat penting bagi kesehatan retina. Wortel juga mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula. Seperti wortel, makanan berwarna kekuningan lainnya seperti ubi jalar, mangga, melon dan aprikot menyediakan dosis yang sehat dari vitamin A.
  • Buah Beri
Di antara beberapa sumber antioksidan yang terbaik, buah beri memainkan peranan penting dalam mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan Alzheimer. Studi juga menunjukkan antioksidan yang terkandung di dalam berri mengurangi resiko degenerasi makula, katarak, dan penyakit mata. Pilihlah strawberi dan bluberi segar atau raspberi untuk cemilan manis, makanan penutup sederhana, atau tambahan salad.
  • Daging Sapi Tanpa lemak
Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik dari mineral seng yang membantu tubuh menyerap antioksidan dan melawan penyakit. Penelitian telah menemukan hubungan antara asupan seng dan kesehatan mata, terutama kesehatan retina. Pilihlah dagin tanpa lemak untuk mengurangi lemak jenuh dari diet Anda. Tingkatkan seng dalam diet Anda dengan memilih keju, yogurt, daging babi, kalkun, dan sereal.
  • Ikan Salmon
Asam lemak omega-3 seperti yang ditemukan dalam lemak ikan memainkan peranan penting bagi kesehatan retina dan membantu mengurangi resiko degenerasi makula. Untuk mencapai tujuan ini paling tidak Anda harus mengkonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu seperti salmon, trout, mackerel, sarden, atau herring. Salmon liar juga merupakan sumber yang kaya akan niasin, yang dapat mengurangi resiko katarak.
  • Kacang Almond
Antioksidan lain yang juga penting bagi perawatan mata adalah vitamin E dari kacang-kacangan, mangga, brokoli dan minyak sehat seperti bibit gandum, safflower, jagung dan kedelai. Vitamin E telah ditemukan untuk mencegah dan menunda pertumbuhan katarak. Jadikan almond sebagai cemilan atau masaklah sayur Anda dengan menggunakan minyak sehat untuk mendapatkan mata yang sehat.
Untuk mendapatkan mata yang sehat, ternyata dapat kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tentunya makanan tersebut harus seimbang dan dapat mencukupi asupan gizi yang cukup. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
serbabie© Diseñado por: Compartidisimo