Pages

topbella

Rabu, 13 Juni 2012

makanan dari singkong

 
    Saat ini singkong sangat terkenal sebagai camilan. Singkong yang dalam bentuk keripik sudah lama sering dijumpai di masyarakat,  namun keripik singkong yang diberi tambahan rasa pedas dari cabe yang memiliki level kepedasan tentunya merupakan suatu inovasi yang kini makin mengangkat derajat singkong. Dulunya singkong diolah sebagai makanan ringan sebatas hanya di bakar, direbus hingga digoreng yang penikmatnya kebanyakan dari kalangan masyarakat menengah kebawah. Selebihnya diolah jadi jajanan pasar yang sederhana. Namun kini singkong sangat terkenal dikalangan pengguna social media networking dimana keripik singkong dipasarkan dengan cara yang unik melalui social media networking seperti twitter dan facebook.
      Mari kita kenali tentang singkong. Singkong, yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Memiliki nama latin Manihot utilissima, sedangkan bahasa inggrisnya disebut Cassava.
    Beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan berbagai nama. Misalnya; ubi kayee (Aceh), kasapen (Sunda), tela pohong (Jawa), tela belada (Madura), lame kayu (Makassar), pangala (Papua) dan lain-lain. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.
    Singkong memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, pakar tanaman obat, efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah nafsu makan. Singkong baik untuk diet rendah kalori Anda,  Ini karena singkong merupakan bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi dan roti, dengan kandungan serat yang tinggi sehingga membuat perut tetap terasa kenyang dalam waktu yang lama. Singkong merupakan umbi yang banyak sekali mengandung Insoluble Fiber atau Serat yang Tidak Larut dalam Air. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses buang air besar, serta mampu nyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan Anda menjadi sehat.
   Olahan singkong yang kini sedang trend adalah keripik singkong. Namun sebetulnya masih banyak camilan yang bisa dihasilkan dari singkong ini. Berbagai jenis jajanan khas indonesia yang terbuat dari singkong diantaranya:
  • Singkong keju ini menggabungkan dua jenis makanan yakni singkong dengan keju menjadi kudapan yang sempat menjadi bahan pembicaraan dan banyak diburu orang beberapa waktu lalu. Camilan ini disajikan dalam bentuk gorengan.
  • Opak Singkong adalah makanan cemilan dari Wonosobo. Opak Singkong rasanya gurih, terbuat dari singkong (ubi kayu) kukus, garam dan daun kucai. Singkong kukus yang diberi garam ditumbuk hingga halus kemudian dicampur daun kucai lalu dipipihkan kemudian dijemur.
  • Combro  adalah cemilan yang berasal dari bahan dasar singkong yang di isi oncom, makanya namanya combro (oncom di jero) atau oncom di dalam, dibuat dengan cara singkong diparut dan beri garam secukupnya, lalu di isi isi dengan oncom, kemudian di bulatkan kemudian digoreng.
  • Kicimpring adalah semacam keripik. Dibuat dengan cara singkong diparut, setelah itu  campurkan garam, diberi irisan daun bawang secukupnya kemudian diaduk sampaimerata. Kemudian digelarkan sampai tipis dan dibentuk bulat lonjong. Diuapi di atas tutup panci supaya agak lunak kemudian dijemur sampai kering.
  • Getuk adalah makanan ringan (kudapan) yang dibuat dengan bahan utama singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Singkong direbus yang telah diberi garam kemudian dihancurkan sampai lumat. Biasanya  disajikan hangat dengan taburan parutan kelapa. Gethuk bisa disajikan dengan cara digoreng.
  • Tape singkong sudah terkenal di mana-mana, murah, lezat, dan menyenangkan. Tape yang sudah terkenal adalah tape ( peuyeum ) bandung. Peuyeum Bandung banyak yang menyukainya, karena manis rasanya dan tidak berair. Sedangkan di Makassar dikenal dengan nama poteng yang biasanya disajikan dengan diberi serutan es dan sirup merah.
  • Tape bisa diolah jadi kue prol tape, brownies tape, pia tape, dodol tape dan suwar suwir seperti permen yang menjadi oleh-oleh khas Kota Jember.
  • Mi lethek adalah mi organik berbahan baku singkong yang kini kian langka karena tergerus persaingan. Disebut lethek karena warnanya dekil. Uniknya, mi ini dibuat tanpa bahan pengawet.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
serbabie© Diseñado por: Compartidisimo