Pages

topbella

Rabu, 13 Juni 2012

makanan yang mengandung kalsium

 
 
    MAkanan yang MenganDung KaLsium tinggi. Makanan yang mengandung kalsium sangat penting kita konsumsi setiap hari. Seperti kita ketahui, kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh. Terutama dalam pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis.

    Seiring bertambahnya usia, tulang dalam tubuh akan mengalami kerapuhan. Tulang yang rapuh akan mengakibatkan postur tubuh kurang baik, punggung sakit, patah tulang panggul dan penyakit tulang lainnya. Ketika kalsium dalam darah menurun, maka makin banyak kalsium yang diambil dari tulang. Inilah yang menyebabkan penyakit osteoporosis. Sebab itu kalsium berfungsi penting untuk tulang agar tetap kuat dan sehat.

   Saat kekurangan kalsium, kita akan sering mengalami lelah, daya tahan tubuh menurun, banyak keringat, nafsu makan berkurang, susah tidur dan sebagainya. Untuk menjaga terpenuhnya asupan kalsium dalam tubuh, kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi dalam menu harian.

   Fungsi kalsium bagi tubuh antara lain melancarkan peredaran darah, mengaktifkan pankreas, meningkatkan gairah seks, mengatasi kekeringan kulit, menormalkan penyusutan tulang bagi ibu hamil dan menyusui, mencegah penyakit jantung dan yang paling utama mencegah osteoporosis atau kerusakan tulang.

Adapun makanan yang mengandung kalsium diantaranya :

  1. Susu
  2. Keju
  3. Makanan yang terbuat dari susu dan keju
  4. Ikan pari dan ikan sarden
  5. Yogurt
  6. Kacang-kacangan dan biji-bijian
  7. Roti
  8. Sereal dan susu kedelai
  9. Brokoli, sawi, dan sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam dan sebagainya
  10. Buah-buahan seperti apel merah, strawberry, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis dan sebagainya
Dapat disimpulkan bahwa tips sehat dan cantik di atas menjelaskan tidak hanya susu yang memberi asupan kalsium yang cukup. Selain susu, sayur dan buah juga memiliki kandungan kalsium yang baik. Hanya saja kandungan kalsium yang ada pada buah dan sayur tidak sebesar susu.

Itulah penjelasan tentang makanan yang mengandung kalsium. Teruslah konsumsi makanan yang berkalsium tinggi agar tulang kita tetap sehat dan kuat. Semoga memberi manfaat. Salam sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
serbabie© Diseñado por: Compartidisimo