Pages

topbella

Kamis, 10 Januari 2013

Makanan Sehat Tahun Baru


Tahun baru telah tiba saatnya membuat resolusi apa yang ingin dicapai di tahun yang baru. Macam-macam resolusi yang dibuat orang dari karir, sekolah, maupun resolusi untuk menjadi langsing dan sehat. Mungkin tahun lalu sering mengkonsumsi junk food, sering nyemil keripik dan makanan tidak sehat lainnya sehingga kolesterol menjadi tinggi akibatnya badan menjadi gemuk atau menjadi tidak sehat. Saat yang tepat untuk memulai sesuatu yang sehat di awal tahun dengan membuat resolusi makan sehat di tahun baru. Mungkin salah satu atau beberapa resolusi bisa menjadi resolusi makan sehat di tahun baru anda. Berikut resolusi makan sehat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan Anda :
  1. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran
    Tambahlah porsi makan sayuran dan buah-buahan yang anda konsumsi. Tambahkan bayam, wortel dan brokoli pada bubur yang anda buat untuk sarapan atau tambahkan lebih banyak selada dan tomat dalam sandwich anda. Sediakan sayuran dan buah lebih banyak dalam lemari es anda dengan begitu anda mengurangi godaan makanan yang kurang sehat.
  2. Kurangi Makanan Cepat Saji
    Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji. Sediakan buah dan kacang sebagai cemilan pengganjal lapar hingga anda tiba di rumah. Namun bila tidak bisa dihindari pilihlah ayam panggan yang rendah lemak, salad polos dan kentang panggang sebagai makanan pendamping. Pilih air putih ketimbang soda sebagai minumannya.
  3. Memilih Makanan Ringan yang Lebih Sehat
    Alih-alih mengkonsumsi keripik dan cake yang tinggi lemak dan sarat gula, pilihlah makanan ringan yang lebih sehat seperti sengenggam kacang oven atau yoghurt rendah lemak sebagai cemilan. Konsumsi buah seperti jeruk sebab jeruk memakan waktu untuk mengupas dan memakannya. Namun tetap batasi cemilan anda hanya 1 porsi saja dan hanya makan cemilan ketika anda benar-benar lapar bukan ketika anda merasa bosan.
  4. Lebih Banyak Makan di Rumah
    Kurangi makan diluar rumah, rencanakan makanan anda tiap hari sehingga restauran bukanlah tempat makan pilihan. Masaklah dalam jumlah besar konsumsi sebagian dan simpan setengahnya di lemari es sehingga anda mempunyai masakan beku yang siap dikonsumsi ketika anda memerlukannya.
  5. Makan Ketika Lapar
    Makanlah ketika lapar dan jangan makan karena anda bosan. Berhentilah makan sebelum kenyang walaupun masih banyak hidangan diatas meja anda. Jangan duduk didepan komputer atau TV, sebab hal ini menyebabkan makan secara berlebihan tanpa disadari.
  6. Mengurangi Konsumsi Gula
    Ganti minuman anda dengan air putih, soda adalah pilihan yang buruk sebab mengandung gula tinggi. Bila anda terbiasa minum teh cobalah jangan tambahkan gula kedalamnya, mungkin anda tidak menyukainya karena belum terbiasa namun kenapa tidak untuk mencoba mengubah kebiasaan anda.
  7. Merencanakan Makanan
    Seringkali orang menganggap tidak perlu merencanakan makanan yang akan dikonsumsi namun perencanaan makanan ternyata akan menghindarkan anda dari konsumsi makanan yang tidak sehat. Makan tanpa perencanaan hanya akan membuat kita memilih solusi makan yang tidak sehat saat anda lapar karena yang anda pikirkan hanya makanan yang bisa cepat disajikan.
  8. Sarapan Setiap Hari
    Sarapan sangat penting untuk mengawali hari anda karena lambung kosong selama 8 jam ketika anda tidur sedangkan tubuh memerlukan energi untuk aktivitas hari itu dan solusinya adalah sarapan. Tidak sarapan akan membuat anda menjadi sangat lapar sehingga saat makan siang anda akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Bila anda tergesa-gesa buah potong atau bubur gandum menjadi sarapan yang cepat untuk disajikan.
  9. Makan dengan Bijak di Pesta
    Makanlah makanan ringan yang sehat sebelum anda pergi ke pesta sehingga anda tidak makan berlebihan di pesta. Isi piring anda dengan setengah porsi buah dan sayuran. Bila anda ingin mencicipi makanan yang tinggi kalori ambil sepotong saja dan segera menjauh dari meja sajian supaya anda tidak tergoda mengambil kembali. Kurangi soda karena soda mengandung kalori yang tinggi.
  10. Belajar Berkata Tidak
    Belajarlah berkata tidak ketika anda mendapat tawaran tambahan saus untuk makanan anda atau kenalan anda membuat makanan yang enak dan tinggi kalori. Tolaklah dengan sopan jangan karena anda merasa sungkan, bila anda menyerah maka anda akan mudah menyerah berikutnya. Jangan merasa bersalah karena anda menolak, bagaimanapun juga anda baertanggung jawab pada kesehatan anda sendiri.
  11. Hidup Sehat dengan Dukungan Keluarga
    Mintalah dukungan keluarga anda, ajaklah mereka melakukan apa yang anda lakukan. Jangan membuat makanan sehat hanya untuk anda sendiri sedangkan keluarga anda menikmati makanan sesuka mereka. Setiap orang harus memakan makanan yang sehat sehingga bila ada seorang yang tergoda seluruh anggota keluarga bisa mensupport.
Jadi tunggu apalagi buatlah resolusi makan sehat tahun baru anda sekarang juga, sehingga sepanjang tahun ini anda bisa mendapatkan hidup yang lebih sehat dan bonusnya tubuh yang lebih langsing

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
serbabie© DiseƱado por: Compartidisimo