Pages

topbella

Kamis, 10 Januari 2013

Makanan Tradisional

Makanan Tradisional.Di jaman sekarang makanan sudah bermacam – macam,mulai makanan dari negeri kita sendiri sampai makan luar negeri pun sudah masuk di Negara kita. Namun apakah semua warga negara indonesia ini sudah mengetahui makanan tradisional. Jangan sampai warga di negara kita ini mengerti ataupernaha merasakan makanan dari luar negeri namun tidak mengerti atau merasakan  makanan dari daerah kita sendiri. Dan ini beberapa makanan tradisional yang terdapat di bebbagai daerah:

1. Jadah
Makanan ini sangat sederhana dalam membuatnya tidak perlu koki profesional dalam membuatny. Karena makanan yang terbuat dari kelapa yang di serut dan di campur oleh beras ketan lalu di kukus, setelah itu ditumbuk akar lebih pulen dalam memakanya ini bisa dibuat oleh setiap ibu rumah tangga.

2. Wajik
Makanan yang satu ini juga sangat sederhana, namun jangan salah karena di daerah saya tinggal yaitu kecamatan salaman, ada salah satu wajik yang sudah lumayan terkenal yaitu wajik week. Bahan-bahanya pun juga tidak terlalu banyak yaitu beras ketan, santan, gula jawa,fanili.

3. Kue Pasung
Kue pasung, mungkin bagi sebagian orang belum tau, bahkan belum pernah makan kue ini. Kue ini mungkin berada dalam daerah tertentu tidak semua daerah ada kue seperti ini. Keu ini terbuat dari tepung beras, tepung terigu, gula jawa, tape, pemekar makanan. Dan uniknya kue ini terbungkus oleh daun pisang, dan dalam membungkusnyapun unik yaitu berbentuk kerucut.

4. Lemper
Lemper mungkin sudah tidak asng lagi bagi sebagian orang, namun makanan ini juga sudah mulai di tinggalkan bagi sebagian orang. Padahala lemper ini boleh di bilang sehat dan alami, karena ini terbuat dari beras ketan, santan, dan untuk isinya biasanya bisa di isi ayam atau abon dan untuk menambah cita rasanya di tambahkan bawang putih ,jeruk wangi, garam. Cukup sederhana bukan.

5. Geblek
Makanan ini biasanya di jumpai di daerah pedesaan, karena makanan ini sangat merakyat dan bahan-bahanya mudah di jumapai yaitu: pati,bawang putih,garam, lalu minyak goring untuk menggorengnya. Dan dalam membuatnya pun juga cukup sederhana.

6. Getuk
Makanan ini mungkin sudah sangat di kenal oleh masyarakat luas. Dalam membuatnya pun cukup mudah yaitu ketela dikukus , lalu ditambah garam agar rasanya pas. Setelah dukukus dan di campur garam lalu di tumbuk agar. Setelah itu jadilah getuk dan makanan ini cocok di makan dengan serutan kelapa, rasanya lebih mantap.

7. Kue pipes
Makan seperti kue pipes ini sangat jarang di masa sekarang ini mungkin rasanya sudah kalah dengan makanan modern saat ini. Padahal kue ini sangat enak di makan karena rasanya gurih dan gurihnya ini alami. Karena bahan yang di gunakan adalah tepung beras, santan dan di tambahkan garam, lalu di bungkus oleh daun pisang. Jadi rasa yang di hasilkn sangat alami.

8. Kue nagasari
Kue ini juga tidak jauh dari dari kue pipes, namun bedanya kue ini rasanya manis dan bahan yang di gunakan tepung beras, gula pasir,santan, lalu pisang untuk isi dari kue nagasari dan untuk membungkusnya juga sama yaitu daun pisang agar rasa yang di hasilkan alami.
Itu semua adalah makanan dari tempat saya tinggal yaitu magelang, walaupun jaman sudah modern ini makanan seperti itu juga masih bias kita temui dareah saya. Karena untuk melestarikan makan agar tidak punah dimakan jaman. Mari kita jaga bersama-sama makanan tradisional dari daerah kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
serbabie© Diseñado por: Compartidisimo