Pages

topbella

Sabtu, 12 Januari 2013

Alkohol Bikin Gendut

- Orang yang sedang ingin menurunkan berat tubuh mereka seharusnya memberi perhatian lebih pada konsumsi alkohol yang diminumnya. Para ahli mengatakan bahwa lemak adalah konten kedua alkohol.

Menurut World Cancer Research Fund (WCRF), total asupan kalori dari alkohol di kalangan peminum mencapai hampir 10 persen. Mengkonsumsi segelas wine membuat Anda mengkonsumsi 178 kalori seperti  halnya mengunyah dua batang biskuit coklat. Jumlah kalori itu, kata para ahli, membutuhkan lebih dari 30 menit untuk dibakar dengan jalan cepat.

Minum atau makan yang mengandung banyak kalori secara rutin bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Namun tidak seperti makanan, minuman beralkohol hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak ada nutrisinya.

Nah, minuman berkalori 'kosong' inilah yang seringkali terlupakan oleh para pelaku diet, tulis WCRF seperti dikutip situs BBC 2 Januari 2013. "Laporan terbaru menunjukkan bahwa orang tidak peduli dengan kalori di dalam minuman dan tidak pernah memasukkan kalori tersebut saat menghitung konsumsi harian mereka," ujar Kate Mendoza, Kepala informasi kesehatan WCRF.

Kalori dalam alkohol adalah 7 kcal per gram atau hanya sedikit lebih rendah dibandingkan lemak yang mengandung 9 kcal per gram. Sedangkan protein dan karbohidrat mengandung 4 kcal per gram dan fiber 2 kcal per gram. Seorang pria membutuhkan 2.500 kalori per hari sementara wanita membutuhkan sekitar 2.000 kalori.

"Mengurangi minuman beralkohol bisa berdampak besar pada penurunan berat badan atau menjaga berat tubuh," kata Mendoza. Tak hanya itu, mengurangi minuman beralkohol pun bisa menurunkan risiko kanker, seperti kanker payudara, usus, mulut, dan hati.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
serbabie© DiseƱado por: Compartidisimo